Monday, June 8, 2015

KUE LUMPUR KENTANG, Supper Yummy ^_^ !!!

Bismillahirrahmanirrohiim, Assalamu'alaikum..^_^

Kue lumpur merupakan jajanan pasar yang sangat populer, rasanya setiap penjual kue di pasar tradisional selalu menjajakan kue lumpur ya. Kue lumpur memang memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang yummy, sehingga tidak heran banyak kalangan yang menyukai kue tradisional yang satu ini. Termasuk keluarga saya yang selalu menyajikan kue lumpur ketika ada acara dirumah, bahkan kami selalu membawakan kue ini sebagai hantaran ketika para Bu de mengadakan acara, dan mereka tidak pernah bosan.



Membuat kue lumpur ternyata tidak sesulit yang saya bayangkan dulu (sewaktu masih awam soal baking membaking hihi..). Memang beberapa referensi mengharuskan kita untuk mengocok adonan dengan mixer, tapi tenang saja, resep kue lumpur yang saya post kali ini tidak memerlukan peralatan listrik, cukup sediakan pengaduk (termasuk tangan anda juga bisa) sebagai alat untuk mencampur adonannya. Meskipun tidak memakai mixer, tapi kue lumpur yang satu ini tetap lembut dan rasanya akan membuat anda ketagihan hehehe... dijamin deh ^_^. Rahasia dari kelembutan kue lumpur ini terletak pada penggunaan kentang, tapi jika anda tidak suka kentang, anda bisa menggantinya dengan labu kuning dengan takaran yang sama. Tekstur adonan kue lumpur sebelum dipanggang memang encer ya, jadi jangan khawatir tentang masalah kebanyakan cairan. Kue lumpur pada umumnya berbentuk bulat dan tebal, karena itu disediakan khusus cetakan kue lumpur. Namun jika anda tidak memilkinya dirumah, gunakan saja cetakan yang ada misalnya cetakan kue pukis, cetakan serabi atau cetakan poffertjies juga bisa, but it'll make your mud cake a little bit weird hehehe...

Resep ini saya lihat dikumpulan catatan resep adik saya yang diperolehnya dengan menonton acara masak-memasak di televisi, dia sudah lupa juga acaranya judulnya apa jadi saya tidak bisa mencantumkan referensi seperti biasa. Dulu sebelum begitu kenal dengan internet, kami memang biasa mengumpulkan resep dari televisi, majalah atau pun koran-koran hehe.. maklum dulu masih jaman batu ^_^. Foto dari alkitab (dia memang menyebutnya demikian hihi..) adik saya, saya lampirkan juga dibawah. Memang disana tertulis dikocok dengan mixer, tapi dipraktiknya, kami hanya mengaduknya dengan tangan (karena lebih mudah untuk melembutkan kentangnya).



Sudah tidak sabar untuk mencoba? berikut resepnya ya..

Bahan:

  • 250 gr kentang kukus, haluskan.
  • 150 gr tepung terigu.
  • 150 gr gula pasir (tambahkan jika menurut anda kurang manis, tapi menurut saya sudah pas)
  • 25 gr susu bubuk.
  • 100 gr margarin, cairkan.
  • 300 ml susu cair (bisa dengan melarutkan 4 sdm susu bubuk dengan 300ml air)
  • 2 butir telur.
  • vanili bubuk (saya skip)
  • kismis secukupnya untuk hiasan (bisa ganti dengan kelapa muda atau diskip)


Cara membuat:


  1. Campur semua bahan kering (tepung, kentang, susu bubuk dan gula), aduk hingga tercampur rata.
  2. Tambahkan telur sekaligus dan aduk hingga rata.
  3. Masukkan susu cair dan aduk kembali hingga rata, pastikan gula larut dan kentang cukup halus.
  4. Terakhir masukkan margarin cair dan aduk kembali hingga rata.
  5. Siapkan cetakan kue lumpur, panaskan dengan api sedang lalu beri olesan sedikit margarin/buter.
  6. Tuang adonan ke dalam cetakan (isi agak penuh), dan saat sudah setengan matang, hiasi dengan kismis/kelapa muda diatasnya, lalu panggang hingga matang.
  7. Keluarkan dari cetakan dan kue lumpur yang lezat pun siap dinikmati sebagai teman minum teh anda. Mmmm... so yummy!!! ^_^


No comments:

Post a Comment