Friday, June 12, 2015

Puding Roti Kismis Keju, Hangat atau Dingin It's OK !! ^_^

Bismillahhirrahmanirrahhiim.. Assalamua'alaikum ^_^



Beberapa hari sebelumnya saya membeli roti tawar, rencananya pingin nyoba buat french toast (roti panggang ala Perancis gitu hihi..) buat sarapan, tapi selalu tertunda karena ada makanan lain, karena tidak sempat atau simple aja, karena malas ^_^. Akhirnya roti tawar yang saya belipun lambat laun mengeras dan saya rasa sudah tidak oke lagi untuk dijadikan french toast, jadi yah harus diubah jadi makanan lain dan saya memilih membuat puding roti saja. Padahal french toast sebenarnya lebih mudah dibuat dan memerlukan bahan yang jauh lebih sedikit. Bagi yang belum tau, french toast sebenarnya mirip roti bakar biasa (cuma namanya aja yang rada keren). Bedanya, kalau roti bakar dioles mentega/margarin sebelum dipanggang, untuk french toast rotinya dicelupin ke adonan susu campur telur baru kemudian dipanggang.

Oke back to resep puding roti (atau ada juga yang menyebutnya bingka roti) yang saya mau share hari ini. Puding roti adalah salah satu kudapan yang gampang banget dibuat, mau dipanggang atau dikukus juga oke. Jenis roti yang digunakan tidak harus roti tawar, tapi bunda bisa menggunakan roti yang memiliki isian, don't worry ya karena isian dari roti akan menambah cita rasa. Biasanya puding roti dengan roti tawar hanya ditambahkan keju, kismis, kacang kacangan atau chococips, jika ada yang menggunakan selai biasanya ditambahkan ketika sudah matang dan akan disajikan. Untuk taburannya, saya memakai kismis (karena bahan ini selalu ready dikulkas saya) dan keju cheddar parut, tapi anda tidak harus memakainya juga, silahkan bebas berkreasi sesuai selera ya.



Dalam membuat puding roti, pastikan semua roti terendam oleh adonan perendam (tapi tidak banjir ya), untuk bagian atas boleh tidak terendam tapi pastikan rotinya basah (dengan adonan perendamnya). Ini penting sekali terutama jika anda ingin membuat puding roti dengan cara dipanggang karena roti yang tidak terkena cairan akan jadi kering saat dipanggang. Oleh karena itu jumlah adonan perendam harus agak banyak. Adonan perendamnya bisa menggunakan santan atau susu cair seperti yang saya gunakan. Untuk mencetak pudingnya gunakan saja apa yang anda punya yang penting tahan panas. Jika anda akan kedatangan tamu, kenapa tidak menghidangkan puding roti ini dalam cangkir (agak tebal) yang anda punya di rumah (seperti dalam resep asli referensi saya yang bisa anda klik disini http://goo.gl/Q8CDns), pasti tamunya surprise deh hehehe... Puding ini bisa disajika kala hangat atau dingin ya, mmm... sama-sama nikmatnya. Jika anda tidak sabar mencoba, berikut resepnya..

Bahan :

  • 10-12 lembar roti tawar berkulit
  • 125 gr gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 500 ml santan sedang dari 1/2 butir kelapa parut, rebus,biarkan hangat (saya pakai susu cair)
  • 2 butir telur
  • 1/2 sdt vanili bubuk (saya skip)
  • 100 gr keju cheddar diparut
  • 50 gr kismis 


Cara membuat :


  1. Potong potong roti tawar menjadi bagian kecil kecil. Sisihkan. Siapkan 2 bh cangkir teh
    volume 200 ml, olesi margarin. Siapkan juga loyang tulban diameter 16 cm, alasi kertas roti dan olesi margarin/minyak goreng (saya hanya menggunakan pinggan tahan panas dan mangkok aluminium). 
  2. Dalam sebuah wadah besar campur jadi satu gula pasir dan garam, tuangi santan hangat sambil diaduk sampai rata. Tambahkan telur danvanili bubuk, aduk rata. 
  3. Masukkan sebagian roti tawar ke dalam cetakan (cangkir/mug/loyang), taburi dengan sebagian keju. Masukkan lagi sisa roti dan taburi keju. Tuangi dengan larutan santan dan biarkan selama 10 menit supaya roti menyerap santan.

  4. Panaskan kukusan sampai mendidih airnya.
  5. Taburkan kismis di atas adonan. Masukkan dalam kukusan dan kukus selama 20-25 menit dengan api sedang.
  6. Setelah matang, keluarkan dari kukusan dan sajikan hangat/dingin. Jika suka dingin masukkan dalam kulkas supaya padat. Setelah padat, keluarkan dari loyang, potong dan sajikan hangat or dingin.



Catatan:
Ketika dikukus atau dipanggang, puding akan mengembang tinggi tapi akan kempis kembali setelah dikeluarkan dari kukusan atau oven.

Selamat mencoba dan happy baking ^_^..

No comments:

Post a Comment