Saturday, July 11, 2015

Black Nastar, The Best Nastar Ever!!!

Bismillahirrahmanirrahim, Assalamu'alaikum  ^_^


Harus saya akui bahwa judul di atas agak lebay hihi.., tapi memang begitu kenyataan yang saya alami. Selama beberapa tahun mencoba berbagai resep nastar, this is the best recipes menurut saya dan banyak yang setuju setelah mencicipi nastar kami ^_^ dan bahkan teman adik saya memesannya juga. Sebenarnya kami (saya dan adik saya) tidak menerima pesanan kue, tapi waktu itu berhubung karena sikon, kami tidak enak untuk menolak. Resep kali ini bukan hasil googling di blog para foodbloger seperti biasanya, tapi resep ini kami temukan dikoran lama beberapa tahun yang lalu (sebetulnya Mamak yang menemukannya). Bahannya sangat simple sehingga kami tidak ragu mencobanya. Waktu pertama kali melihat adonannya yang agak lembek kami agak sangsi juga, tapi ternyata hasilnya memuaskan.


Saya rasa semua setuju bahwa kriteria nastar yang enak adalah ketika dimakan terasa empuk dan lumer dimulut, well nastar dengan resep ini memenuhi kriteria tersebut.  Sebelumnya ada berbagai saran dari beberapa teman agar nastar jadi empuk dan lumer, ada yang menyarankan ditambah kuning telurnya, ada yang bilang pake maizena dan lain-lain, tapi setelah kami coba hasilnya kurang memuaskan. Alhamdulillah, akhirnya kami menemukan resep yang bener-bener pas. Sejak itu kami tidak pernah memakai resep nastar lainnya. Sebenarnya resep asli nastar ini adalah yang versi original yaitu nastar yang berwarna kekuningan seperti pada umumnya. Inspirasi warna blacknya adalah dari hasil googling dan ini adalah pertama kalinya kami membuat variasi nastar dengan warna hitam. Untuk menghasilkan warna hitam pada nastar ini, anda tidak bisa mengganakan coklat bubuk biasa ya, tapi anda harus menggunakan coklat bubuk khusus yang biasanya digunakan untuk membuat black forest. Coklat hitam ini (jangan bingung dengan bahasanya ya hehe..) bisa anda perolah di toko bahan kue terdekat. Tapi jika tidak ada, dan tetap ingin membuat versi coklatnya, maka gunakan coklat bubuk yang biasa anda gunakan. Atau jika ingin membuat nastar originalnya, silahkan mengganti coklat bubuk hitam di resep ini dengan tepung terigu dengan jumlah yang sama.

coklat hitam (coklat black forest)
Cara membuatnya sangatlah mudah dan hampir sama dengan membuat kue kering pada umumnya yaitu mengocok gula dan margarin hingga putih dan lembut, lalu masukkan telur dan kocok hingga benar-benar rata, baru kemudian masukkan bahan keringnya.  Untuk mencampur adonan margarin dan bahan kering, anda cukup menggunakan spatula.  Setelah itu adonan perlu didiamkan selama kurang lebih 1 jam agar adonan set dan mudah dibentuk (tanpa lengket ditangan).  Kue nastar biasanya diberi isian selai nanas, dan saya sangat menyarankan untuk membuat selai nanas sendiri jika anda ingin menggunakannya sebagai isian kue kering. Selai nanas dalam kemasan (yang biasanya kita gunakan untuk olesan pada roti) memiliki kandungan air yang lebih tinggi sehingga agak cair, jika anda menggunakannya untuk isian kue kering maka kelebihan air ini akan diserap oleh adonan kue sehingga membuat kue anda menjadi agak basah.  Selain itu, jika kita kurang rapat ketika membentuknya, selai akan meleleh keluar ketika dipanggang dan membuat kue kering anda kurang cantik. Tapi hal-hal tadi tidak akan terjadi bila kita menggunakan selai homemade, karena dengan membuatnya sendiri, kita dapat mengatur tingkat kemanisan dan tingkat kekeringannya.

Resep nastar versi asli
Nastar versi original biasanya hanya di garnish dengan olesan kuning telur saja atau ditambah dengan keju. Namun berhubung nastar kali ini berwarna hitam maka mengolesnya dengan kuning telur dan menambahkan parutan keju saya rasa akan membuatnya kurang menarik. Warna kuning telur tidak akan tampak dan warna keju setelah dipanggang akan terlihat pucat jika latar belakangnya hitam. Oleh karena itu saya menggunakan hiasan dengan warna kontras yaitu putih dengan menyemprotkan lelehan white chocolate diatasnya ^_^.  Cantik juga menurut saya. Nah anda sudah tidak sabar membuatnya? oke, berikut resep dan prosesnya..

Bahan:

  • 600 gram margarin
  • 300 gram butter
  • 150 gram gula halus
  • 3 buah kuning telur
  • 800 gram tepung terigu serbaguna
  • 100 gram coklat black forest
  • selai nanas

Cara membuat:

  1. Kocok dengan mixer margarin, butter, kuning telur dan gula halus hingga putih.  Matikan mixer, lalu masukkan coklat sambil diayak diatas adonan, aduk hingga rata. 
  2. Kemudian masukkan tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata, gunakan sendok kayu atau spatula plastik untuk mengaduknya.  Adonan yang terbentuk memang lembek tapi jangan menambah terigu lagi.  Diamkan adonan sekitar 1 jam, minyak dari margarin dan mentega biasanya akan turun ke dasar, dan adonan pun siap dibentuk.

  3. Ambil adonan sekitar satu sendok teh (atau tergantung selera), bulatkan dan pipihkan di telapak tangan, letakkan selai nanas ditengah-tengan adonan yang telah dipipihkan lalu tutup selai dengan adonan dan bentuk kembali menjadi bulatan.  Tata di atas loyang dan lakukan hingga semua adonan selesai. Jika ingin mengolesi dengan kuning telur dan keju, lakukan sebelum masuk oven.


  4. Panggang dalam oven bersuhu sekitar 180 derajat Celcius hingga matang.
  5. Keluarkan dari loyang dan dinginkan. Hias dengan lelehan coklat putih (sesuai selera). Biarkan coklat membeku kembali sebelum dimasukkan ke dalam toples.



No comments:

Post a Comment

//--tambahan anti ctrl+p //--Eof