Thursday, July 9, 2015

Horn Pastry Super Praktis

Bismillahirrahmanirrahiim, Assalamu'alaikum bunda..^_^


Sesuai dengan judulnya, kali ini saya mau sharing resep pastry yang super praktis.  Kenapa praktis?? ya iyalah, lha wong kulit pastrynya pake kulit pastry instan wkwkwk...  Saya suka sekali pastry, ada yang belum tahu yang mana yang namanya pastry? itu lho adonan kulit yang kalau dipanggang bisa berlapis-lapis, renyah dan gurih. Kalau pernah makan snack yang merknya Kenji (kalau nggak salah hehe..), nah itu deh yang namanya pastry.  Harganya lumayan untuk isi yang cuma 5 biji doang, tapi sesuai dengan rasanya kok.  Bisa membuat kulit pastry sendiri merupakan impian saya, tapi sepertinya masih agak lama untuk bisa terwujud karena saya susah banget nemu yang namanya mentega pastry di daerah Mataram sini meskipun saya sudah mencarinya di toko kue andalan saya. Membuat adonan kulit pastry memang memerlukan mentega khusus ini, karena mentega inilah yang
akan membuat kulit pastry bisa berlapis-lapis, gurih dan sedikit terasa berlemak.  Selain itu membuat kulit pastry sendiri juga memerlukan kesabaran, ketelatenan, keterampilan, dan ketelitian, karena jika salah, kulit pastry akan berakhir bantat. Itulah yang membuat semangat dan keinginan saya semakin surut untuk membuat kulit pastry sendiri (jadi sebenarnya masalah intinya adalah keberanian ya ^_^).



Berhubung saya kemarin sudah pingin banget makan pastry, maka solusi praktisnya adalah dengan membeli puff pastry instan. Puff pastry biasanya bervariasi pada bentuk dan isiannya  saja.  Karena rasanya yang asin gurih, maka untuk pastry biasanya dipadukan dengan sesuatu yang manis-manis, walaupun ada juga sih yang gurih (contohnya: zupa soup).  Nah kemarin saya membuat pastry yang jenis horn, bentuknya seperti corong dan diisi dengan adonan vla seperti vla untuk choux pastry alian kue sus.  Adonan vlanya saya pakai resepnya mbak Hesti (seperti resep vla yang saya pakai untuk resep sus lapis yang pernah saya posting sebelumnya), karena saya sudah cocok dengan rasanya. Cuma vlanya agak sedikit cair waktu saya buat kemarin, jadi horn pastrynya nggak bisa lama-lama dalam posisi datar karena vlanya akan meleleh keluar (itu sebabnya fotonya saya taruh dalam gelas hehehe...).  Jadi kalau teman-teman mau buat vla, mungkin takaran cairannya dikurangi dikit ya ^_^.


Untuk membuat horn pastry, kita perlu cetakan yang berbentuk kerucut ya.  Kalau nggak punya, bisa membuat sendiri dari kertas karton (yang sudah dibentuk pola untuk membuat kerucut) lalu dibungkus dengan alumunium foil lalu dibentuk kerucut.  Terlalu ribet? ya sudahlah beli aja kalau begitu, murah juga kok, kurang dari 15ribu kita sudah dapat selusin cetakan horn pastry.  Horn pastry yang saya buat ini termasuk ukuran mini ya, karena saya hanya menggunakan 1 lipatan adonan puff pastry (puff pastry instan berisi satu lembar yang dilipat menjadi 4) saja yang ketika dicetak hanya sampai setengah (lebih dikit) dari cetakannya. Jadi jika ingin horn pastry dengan ukuran yang agak
besar, maka gunakan 2 lipatannya (bagi adonan puff pastry instannya jadi 2). Tapi menurut saya ukuran segini sudah pas kok. Karena pakai puff pastry instan, jadi disini saya tulis aja lagi resep vla dan proses pembuatannya, juga cara mencetak adonan puff pastrynya dengan bahasa saya sendiri, semoga dimengerti ya ^_^.

cetakan horn pastry

Bahan:


  • 1/4 bagian puff pastry instan
  • 1 butir kuning telur untuk olesan
  • gula pasir secukupnya untuk taburan

    puff pastry instan

Bahan vla:

  • 1/2 kaleng susu kental manis
  • 600 ml air
  • 6 sdm gula pasir (atau sesuaikan selera)
  • 35 gr tepung maizena
  • 35 gr tepung terigu
  • 1/2 sdt vanili bubuk (saya tidak pakai)
  • 2 kuning telur
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdm butter (saya pakai margarin)

Cara membuat Vla:
Campur semua bahan kecuali margarin, lalu saring dan masak sambil diaduk terus.  Ketika vla sudah mulai mengental (agak bergerindil) dan sudah mau mendidih, aduk memutar dengan kecepatan tinggi dengan sendok kayu agar adonan tetap licin.  Ketika vla mendidih meletup-letup matikan api. Masukkan margarin, aduk sampai butter lumer dan adonan vla licin.  Tuang di wadah dan tutup dengan cling wrap.  Paling baik jika wadah pas ukurannya dengan jumlah vla sehingga tidak ada ruang antara vla dan cling wrap, supaya tidak terbentuk lapisan diatasnya.  Dinginkan.

Cara membuat kulit horn: 

  1. Olesi permukaan luar cetakan horn denga margarin, sisihkan. 
  2. Potong puff pastry instan dengan lebar kurang lebih 1 ruas jari atau sekitar 1,5 cm(taburi dengan tepung jika kulit puff pastry agak basah). 
  3. Lilitkan adonan puff pastry yang telah dipotong pada cetakan dengan arah menyerong ke atas, dan pastikan bagian bawah tidak berlubang agar adonan isian nanti tidak keluar. 
  4. Tata di atas loyang, olesi bagian atas dengan kuning telur dan taburi dengan gula.
  5. Panggang di oven kurang lebih 20 menit atau hingga matang.
  6. Keluarkan dari oven dan lepaskan dari cetakan, biarkan dingin.

Penyelesaian:
Taruh adonan vla dalam plastik segitiga, beri lubang pada ujungnya. Semprotkan vla  kulit pastry hingga penuh, beri hiasan diatasnya (optional).


Mudah bukan? Semua pasti bisa, selamat mencoba dan happy baking ^_^..

No comments:

Post a Comment

//--tambahan anti ctrl+p //--Eof