Wednesday, June 3, 2015

Brownies Kukus Keju Pandan

Brownies Kukus Keju Pandan

Bismillah..
Assalamua'alaikum..^_^

Saya kenal yang namanya Brownies waktu zaman kuliah di Malang pemirsah, itupun karena dulu ada mata kuliah Kewirausahaan (lho apa hubungannya mata kuliah dengan brownies? mungkin anda garuk-garuk kepala ya hehe..). Nah jadi ceritanya dulu dosen mata kuliah Kewirausahaan ini menugaskan kami untuk belajar berwirausaha, dari mulai membuat produk sendiri sampai memasarkannya. Hasilnya kemudian akan dipresentasikan satu persatu. Harapan awalnya sebenarnya kita bisa membuat sesuatu yang sesuai dengan orientasi jurusan (dulu saya jurusan Tehnik Kimia), seperti membuat sabun mandi, cairan pembersih, membuat lilin bahkan cat kalau perlu, dan lain sebagainya. Tapi dasarnya kita otak makanan, jadi semua kelas (ada 4) yang seangkatan saya membuat makanan mulai dari roti, tape bakar, es yogurt (ini yang paling banyak karena staternya bisa beli di lab), sampai manisan pepaya. Sedangkan saya waktu itu membuat bola-bola coklat rambutan, yah karena berhubung kita anak kos dengan peralatan dan budget terbatas, jadi harus putar otak cari produk yang simpel. Untuk resep bola-bola coklatnya kapan-kapan insyaAllah saya share ya.

brokus keju pandan & green tea latte

Dua orang teman sekelas saya (saya masih ingat namanya Beauty n Fatty, ini beneran namanya lho) memang anak asli Malang dan lumayan tajir, jadi mereka bisa membuat sesuatu yang lebih (menurut saya waktu itu). Ya, mereka membuat brownies panggang. Setiap kelompok selalu membawa produk mereka setiap hari ke kampus, dan pembelinya adalah teman-teman sekelas atau kelas lain yang seangkatan, jadi intinya kami saling beli wkwkwkwk... Tapi banyak juga yang nitipin di kos-kosan (teman juga hehehe..), seperti yang saya lakukan. Karena saya dulu bisa dikatakan ndeso dengan kue seperti brownies, jadi saya hampir tiap hari membeli brownies mereka (dulu harganya waktu itu Rp2000, lebih mahal dari lalapan tahu tempe+nasinya yang cuma Rp1500 :D). Ketika presentasi, setiap anak diberi semacam laporan rincian mulai dari bahan, cara pembuatan, rincian keuangan sampai pemasarannya. Nah dari laporan inilah saya mendapatkan resep brownies mereka, yang langsung saya praktekan dirumah ketika pulkam.


Setelah pengetahuan saya lebih luas (sedikit) tentang dunia perkulineran dan masa memasak, saya jadi tau kalau brownies nggak mesti dipanggang, karena dikukus juga bisa. Brownies juga nggak mesti coklat, karena berbagai macam warna juga bisa. Seperti resep yang akan saya share di sini, brownies kukus keju pandan. Seperti biasa, jika ada makanan yang warna hijau, iman saya langsung tergoda untuk nyoba buat atau kalau ada didepan mata langsung pingin comot aja hihi.. Saya yakin anda juga ^_^. Untuk rasa pandannya kali ini saya menggunakan pasta pandan aja, dan untuk rasa kejunya saya pakai cream cheese sisa membuat salah satu resep yang gatot :(. Tapi jika bunda nggak punya cream cheese, bisa diganti dengan parutan keju chedar dengan takaran yang sama ya. Resep asli bisa dilihat di sini http://goo.gl/zHA91Z, dan berikut resepnya..

Bahan :


  • 3 butir kuning telur
  • 2 butir putih telur
  • 65 gram gula pasir
  • 4 gram cake emulsifier (Tbm, sp, Ovalet), saya pakai ovalet
  • 1/4 sendok teh vanilla bubuk (saya skip)
  • 75 gram tepung terigu protein sedang (misal Segitiga Biru)
  • 10 gram susu bubuk full cream
  • 1/4 sendok teh baking powder (saya menggunakan double acting)

Cairkan bahan berikut :


  • 30 gram mentega
  • 30 gram margarine
  • 40 gram coklat blok putih
  • 40 gram cream cheese (saya pakai 80gr)
  • 1/2 sendok teh pasta pandan

Pelengkap:


  • Buttercream siap pakai (saya tidak pakai)
  • 20 gram keju cheddar parut untuk taburan.

Cara membuat:


  1. Siapkan loyang loaf (loyang persegi panjang), olesi dengan mentega dan taburi dengan tepung terigu hingga permukaannya tertutup rata. Sisihkan. 
  2. Ayak tepung terigu, baking powder, susu bubuk full cream dan vanilla bubuk. Sisihkan.
  3. Cairkan mentega, margarine, cream cheese, coklat putih blok dan pasta pandan dengan cara tim. Aduk-aduk hingga cair dan tercampur rata. Biarkan mendingin. Jika anda menggunakan keju cheddar, jangan diikutkan dalam proses ini.

  4. Dalam mangkuk mixer, kocok telur, gula pasir dan ovalet hingga mengembang dan putih. Matikan mixer, masukkan tepung terigu, aduk perlahan hingga tercampur, tambahkan mentega cair kedalamnya sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata (jika menggunakan keju cheddar parut, tambahkan dalam proses ini). Tuangkan ke dalam loyang.

  5. Panaskan dandang kukusan, masukkan loyang berisi adonan ke dalamnya, tutup permukaan dandang dengan kain bersih baru tutup dengan penutup dandang. Kukus selama 40 menit hingga kue matang. Selama pengukusan jangan membuka tutup dandang.
  6. Keluarkan kue dari kukusan, biarkan dingin selama 5 menit kemudian keluarkan dari loyang. Biarkan kue dingin sempurna sebelum kita berikan buttercream (jika pakai) diatasnya. 
  7. Taburi dengan keju parut atau hias sesuai selera. Brokus siap disajikan..!!!


Selamat mencoba bun..^_^!!!

No comments:

Post a Comment

//--tambahan anti ctrl+p //--Eof