Friday, June 5, 2015

Sus Coklat Lapis

Bismillahirrahmannirrohim, Assalamu'alaikum ^_^

sus coklat lapis
Semua orang pasti tau dan dan pernah makan kue sus, tapi nggak semua orang tau dan pernah makan kue sus lapis seperti ini kan? yah meskipun sebenarnya rasanya sama aja dengan sus pada umumnya kalau sudah dalam mulut hehehe.. Menurut saya dengan dibuat lapis seperti ini, penampilan kue sus jadi lebih menarik. Berdasarkan hukum tentang makanan yang berbunyi "ngiler berbanding lurus dengan penampilan" (wkwkwkwk..), maka tampilan makanan pun menjadi sangat penting, meskipun terkadang ternyata rasanya biasa aja hehehe... Tapi untuk kue sus lapis ini, saya jamin pemirsah tidak akan kecewa dengan rasanya ^_^.

Sebenarnya kue sus lapis ini saya buat sudah lama banget sebelum saya jadi bloger. Dulu saya memang tidak berencana untuk membuat blog untuk sharing resep, tapi atas desakan suami akhirnya saya membuat blog ini. Hanya setelah adanya blog ini saya biasanya berusaha menampilkan step-step pembuatan juga, jadi harap maklum ya pemirsah kalau untuk kue sus lapis ini (dan beberapa resep lainnya) step by stepnya tidak ada. Tapi saya yakin itu tidak akan jadi masalah, selama kita masih punya akal. Ya, dalam berkreasi didapur kita dituntut untuk akal akalan juga lho, apalagi dengan skill dan peralatan terbatas seperti saya hihihi..

Walaupun resepnya simple, tapi ternyata nggak mudah lho membuat adonan kue sus jadi mengembang cantik dan empuk ketika dipanggang. Jujur ini adalah kue sus pertama saya, awal kepingin nyoba buat karena ngeliat acara Master Chef Junior Indonesia yang pesertanya ditantang untuk membuat eclairs (kue sus yang bentuknya panjang dan atasnya diberi hiasan coklat leleh). Di tantangan tersebut ternyata para peserta banyak juga yang gagal. Saya jadi penasaran juga, masa sih sesulit itu? dan ternyata setelah saya buat saudara-saudara... saya pun juga gagal karena kue sus yang saya buat ini adonannya bantat, tapi karena adonan vlanya enak jadi kalau dimakan tetap oke sih menurut saya ^_^.

Nah supaya tidak gagal seperti saya, berikut beberapa tips supaya kue sus anda bisa sukses (yang saya ambil dari blog Just Try and Taste):
  • Rebus air dan mentega hingga benar-benar mendidih jangan hanya sebatas panas dengan letupan-letupan kecil saja karena jika tidak mendidih maka adonan akan menjadi kering, tidak moist.
  • Gunakan telur dengan suhu ruang. Telur dengan suhu normal akan tercampur dengan baik dan adonan akan mengembang menjadi lebih besar. Tambahkan telur ke dalam adonan satu demi satu,  aduk telur dengan baik pada setiap penambahan untuk membuatnya tercampur rata.
  • Segera cetak dan panggang choux (adonan kulit) dengan segera, ketika adonan masih terasa hangat agar kulit sus mengembang secara maksimal. 
  • Panggang adonan hingga berwarna keemasan. Adonan kulit yang pucat dan belum matang sempurna akan mentah di bagian dalamnya dan mengempis ketika dikeluarkan dari oven. Jadi harus mencapai warna coklat keemasan sebelum dikeluarkan dari loyang.
  • Kulit pastry mengeluarkan dan menahan uap air selama  pemanggangan. Untuk mendapatkan kulit yang renyah sesuai idaman, maka buatlah irisan kecil pada salah satu sisi masing-masing pastry segera begitu kulit sus kita keluarkan dari oven. Nah, ini tidak saya lakukan, mungkin ini yang menyebabkan kulit sus yang saya buat menjadi melempem/kurang renyah.
  • Gunakan suhu tinggi dalam memanggang, yaitu di 200'C dan jangan kurangi suhu oven selama pemanggangan. Kasus saya ketika kulit sus mengempis mungkin juga karena suhu oven saya kurangi dari 200'C menjadi 180'C dan loyang saya keluarkan ketika kue masih berwarna kuning pucat.
  • Jika anda membuat kulit sus dalam jumlah yang banyak, maka masukkan kulit yang belum diisi dengan krim ke dalam plastik. Ikat rapat-rapat dan masukkan ke kulkas. Hangatkan lagi menggunakan microwave jika akan digunakan dan kulit sus akan kembali renyah.
  • Jika anda menggunakan otang (alias oven tangkring) dan adonan tercetak lebih dari 1 loyang, oven adonan perloyang. Karena jika loyang dimasukkan semua, panas yang diterima setiap adonan tidak sama (ini saran dari saya pribadi).


Resep aslinya saya ambil dari blognya mbak Hesti yang bisa dilihat disini http://goo.gl/DnsyQZ. Berikut ini saya tuliskan resepnya ya, saya hanya mengganti penggunaan butter dengan margarin.

Bahan kulit:

  • 150 gr margarin
  • 120 gr tepung terigu protein sedang
  • 30 gr coklat bubuk
  • 250 ml susu cair (bisa diganti dengan air biasa)
  • 2 sdm gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 4 butir telur (5 butir kalau kecil)


Bahan vla:

  • 1/2 kaleng susu kental manis
  • 600 ml air
  • 6 sdm gula pasir (atau sesuaikan selera)
  • 35 gr tepung maizena
  • 35 gr tepung terigu
  • 1/2 sdt vanili bubuk (saya tidak pakai)
  • 2 kuning telur
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdm butter (saya pakai margarin)

Cara membuat:

  1. Masak susu cair (atau air), margarine, gula dan garam sambil diaduk hingga mendidih. Masukkan terigu dan aduk cepat hingga kalis. Matika api dan dinginkan.
  2. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok sampai rata.
  3. Masukkan dalam kantong segitiga, gunting ujungnya sekitar 1,5 cm lalu semprotkan memanjang di atas talam bersemir margarin.
  4. Panggang dengan panas oven 200 C atau 400 F selama kurang lebih 25 menir atau sampai kuning kecoklatan. Oven tidak boleh dibuka selama memanggang karena akan berakibat turunnya kue.
  5. Untuk filling: campur semua bahan kecuali margarin, lalu saring dan masak sambil diaduk terus. Ketika vla sudah mulai mengental (agak bergerindil) dan sudah mau mendidih, aduk memutar dengan kecepatan tinggi dengan sendok kayu agar adonan tetap licin. Ketika vla mendidih meletup-letup matikan api. Masukkan margarin, aduk sampai butter lumer dan adonan vla licin. Tuang di wadah dan tutup dengan cling wrap. Paling baik jika wadah pas ukurannya dengan jumlah vla sehingga tidak ada ruang antara vla dan cling wrap, supaya tidak terbentuk lapisan diatasnya. Dinginkan.
  6. Setelah matang, lapisi kulit sus dengan vla kemudian tutup dengan kulit sus yang lain sampai terbentuk susunan 3 lapis (seperti gambar).



Selamat mencoba dan happy baking ^_^ !!!

No comments:

Post a Comment

//--tambahan anti ctrl+p //--Eof