Tuesday, May 26, 2015

Kue Bola-bola Coklat

Saya orangnya berperawakan kurus dari dulu, hanya waktu kuliah di Malang saya bisa naik sampai 9kg. Badan memang melar waktu itu terutama bagian pinggul, tapi tangan tetap kurus (kebayangkan?), makanya saya dibilang gemuk tapi tidak proporsional :D. Dan saya pontang panting mengurangi makan dan olahraga (walaupun alakadarnya hihihi..) untuk menguruskan badan. Tapi begitu saya pulang ke kampung halaman, 9kg tadi lenyap dalam sebulan, saya juga nggak tau kenapa bisa begitu, padahal saya tidak banyak kegiatan waktu itu. Mungkin karena pikiran yang stres hehehe.. Tapi meskipun sekarang sudah sekurus waktu SMA, makan banyak plus ngemil pun masih tetap kurus. Yah mau bagaimana lagi, disyukuri saja, sepertinya saya sudah ditakdirkan seperti ini (mungkin kalau sudah punya momongan kali ya baru bisa gemuk).

Berawal dari kesukaan saya ngemil inilah (plus suami yang doyan makan dan cepat bosan dengan makanan yang itu itu melulu), saya lantas sering mencoba-coba resep baru. Pertama-tama sih nyobain buat makanan, dan akhirnya lama-lama bikin kue buat ngemil. Kedua saudara saya termasuk Babe, juga sangat suka ngemil (jadi kayaknya memang keturunan ya ^_^). Saya dan saudara-saudara saya sering mengistilahkan "tidak ada kehidupan" jika tidak ada camilan dirumah hehehe..



Well balik ke resep, kali ini saya mau sharing resep camilan super simple. Seperti biasa, nggak perlu ribet pake mixer dan tetek bengeknya, cukup sediakan pengaduk aja buat nyampur adonannya. Kue ini namanya pake bola-bola karena memang dicetak menggunakan cetakan poffertjies (resepnya poffertjies akan saya sharing kapan-kapan ya ^_^) sehingga bentuknya jadi bulat seperti bola. Jika bunda tidak memiliki cetakan poffertjies, silahkan pake teflon juga nggak apa-apa ya, hanya saja jadinya akan lebih mirip pancake kayaknya. Menurut saya rasanya agak kurang manis ya meskipun pakai dusting powder (gula donat) diluarnya, kalau buat lagi saya akan menambahkan takaran gulanya atau menambahkan sesuatu yang manis untuk isiannya. Untuk yang pertama ini saya buat sesuai resep aslinya (yang bisa dilihat disini http://goo.gl/VUZNKc), bunda silahkan berkreasi sendiri ya.

Bahan Kue Bola-bola Coklat :


  • 150 gr Tepeng terigu
  • 1 btr Telur ukuran besar
  • 10 gr Coklat bubuk 
  • 25 gr Gula
  • 20 gr Margarin
  • 200 cc Susu cair
  • 1/2 sdt Fermipan
  • 1/4 sdt BPDA (Baking powder double acting)
  • 1/2 sdt Vanilli bubuk
  • 1/4 sdt Garam
  • Gula halus untuk taburan secukupnya.

Cara membuat:

Lelehkan margarin pada panci kecil, setelah margarin meleleh ...masih dipanci yang sama masukkan semua bahan, aduk rata dengan whisker sampai licin. Diamkan selama 30 menit. Kemudian cetak dengan menggunakan cetakan takoyaki. Tabur dengan gula halus ketika adonan sudah matang.


Super duper sangat simple (pake banget) kan bunda. Tunggu apalagi, yuk buat, pasti krucil-krucilnya suka deh apalagi dikasi isian. So selamat mencoba ya and happy baking ^_^.

No comments:

Post a Comment

//--tambahan anti ctrl+p //--Eof