Wednesday, May 6, 2015

Sate Senapelan

Nemu resep Sate Senapelan ini sebenarnya berawal dari rasa kepingin makan sate Tanjung. Beberapa hari sebelumnya saya ikut suami ke KLU (Kabupaten Lombok Utara), dan ketika pulang kami membeli sate Tanjung dekat masjid tempat kami sholat Ashar. Sate Tanjungnya hadeh... super lazis menurut saya, ikannya empuk rada kenyil kenyil dikit, bumbunya gurih dan rasanya pas. Plus ditemani pemandangan hutan Pusuk (ama para nyemotnya juga hehehe..), lengkap sudah hahaha... :D
Sayangnya, begitu satenya habis saya langsung pingin lagi (pingin apa laper ya?? hehe..). Makanya besoknya saya nyoba tanya-tanya mbah google tentang resep sate Tanjung. Tapi lebih dari satu jam, ternyata resepnya nggak ketemu. Barukali ini mbah google mengecewakan saya :(. Tapi akhirnya dapat juga resep yang gambarnya mirip dengan sate Tanjung hehehe.. maksa ini mah ceritanya. Tak apelah yang penting sate ikan. Setelah besoknya hunting bahan, akhirnya saya coba deh. Walhasil pemirsah :), hasilnya sedap banget. Rasanya memang nggak mirip sate Tanjung ya, tapi tetap enak pake banget.
Bunda bisa menggunakan segala jenis ikan laut ya, yang penting bisa difillet (diambil dagingnya saja) misalnya tengiri, tongkol, tuna, parean, kacangan dan lain-lain. Untuk percobaan yang pertama, waktu itu saya nggak ada waktu buat nusuk-nusuk pake tusukan sate, jadi ketika mau dibakar, saya tumpahin aja semuanya ke teflon lalu saya masak sampai bumbunya agak kering dan ikannya agak kecoklatan. Untuk membakar satenya, saya memakai teflon karena memang nggak punya alat bakar sate kayak abang-abang tukang sate itu hehe, lagipula lebih praktis menurut saya karena nggak pake asep-asepan dan nggak pake kipas-kipasan. Kalau bunda punya pembakaran sate, silahkan diberdayakan ya :). Kali ini saya menemukan resepnya di blog resep masakan nusantara, untuk resep aslinya silahkan bisa dilihat di >>http://goo.gl/orQAk7<<. Saya hanya mengganti ikan patin yang ada diresep asli dengan ikan tongkol (ikan favorit saya), so lets start nyate bunda.. ^_^

Sate Senapelan (Khas Riau)


Bahan:

  • 500 gram ikan tongkol ukuran besar, pergunakan hanya daging, potong dadu
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 150 ml santan kental dari ¼ butir kelapa
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai, memarkan
  • 1 sendok makan gula merah, iris-iris
  • 1 sendok teh asam jawa, larutkan dengan 50 ml air panas, saring
  • Garam secukupnya

Bumbu halus:

  • 8 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 10 buah cabai merah
  • 1 sendok teh terasi, bakar
  • 3 butir kemiri, sangrai

Cara membuat:

  1. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis, diamkan 15 menit, cuci bersih.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun jeruk, serai hingga harum
  3. Tuang santan, tambahkan gula merah, air asam, garam. Masak hingga matang dan berminyak. Angkat.
  4. Tusukan ikan dengan tusukan sate, celupkan ke dalam bumbu, diamkan 10 menit.
  5. Bakar sate ikan hingga matang, sambil sesekali diolesi bumbu perendam.
  6. Sajikan sate ikan dengan nasi hangat atau lontong/ketupat.
Catatan:
Jika bunda ingin membakar ikan tanpa tusukan sate seperti yang pernah saya lakukan, maka setelah bumbu matang dan berminyak, tuangkan ikan dan masak hingga ikan berubah warna. Kemudian tuang ikan berbumbu tadi sekaligus ke teflon, masak dengan mengaduknya sesekali hingga bumbu agak kering dan ikan kecoklatan.

Mudah bukan? So selamat mencoba dan semoga menjadi resep favorit keluarga ya, happy cooking bunda..^_^

Ada pertanyaan? silahkan ajukan 54C667DD or sms di 081917433440

No comments:

Post a Comment

//--tambahan anti ctrl+p //--Eof