Friday, May 1, 2015

Cinnamon Roll with no Knead Bread

Siapa sih yang nggak suka roti? Pasti semua suka ya. Tapi belum tentu semua orang bisa buatnya. Bagi yang sudah pernah dengar atau yang sudah pernah mengenal atau yang sudah mempraktekkan cara membuat roti cara manual (bukan dengan bread maker ya), keluhan yang paling utama adalah proses menguleni adonannya. Adonan roti (termasuk juga adonan donat) memang perlu diuleni sampai benar-benar kalis sehingga roti jadi empuk jika sudah matang. Tanda adonan roti sudah kalis adalah jika ditarik adonan tidak mudah putus, dan untuk mencapai taraf ini, pengulenan yang harus dilakukan standartnya 30 menit. Pasti kebayang kan bagaimana gempornya?? hehehe... Itu adalah alasan utama saya kenapa jarang banget buat roti.

Tapi beberapa waktu yang lalu ketika saya hunting resep di inet, ternyata nemu resep yang (begitu liat judulnya aja) membuat saya terbelalak (sumpe sampe tumpe tumpe deh hehehe..). Judulnya "No Knead Bread", artinya roti tanpa diuleni, bener2 dah this is what I've been looking for (walaupun sebenarnya nggak pernah niat nyari sih hihihi..). Baca punya baca, ternyata bahannya sama dengan bahan membuat roti biasa, cuma prosesnya aja yang beda.  Resep ini saya temukan di blognya mb Nina, bagi yang mau liat versi aslinya, monggo bisa kunjungi >> http://goo.gl/Dn2jy2<<. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat adonan rotinya sekitar 1 jam, tapi yang bikin lama adalah proses menunggu fermentasinya yang memerlukan waktu 3x20menit (Jadi bunda bisa melakukan aktifitas lain sembari nunggu), kemudian adonan harus didiamkan semalaman di kulkas (tapi mau langsung diproses juga bisa ya).  Adonan roti ini bisa dikreasikan menjadi berbagai macam roti sesuai selera, misalnya roti sobek, roti isi, roti sisir, atau kreasi roti lainnya. Kali ini saya mau buat cinnamon roll karna sudah lama banget nggak makan roti ini, perpaduan rasa kayumanis, gula dan kismisnya selalu buat saya ketagihan ^_^. Oke deh, saya sepertinya sudah kebanyakan nulis, ya sutralah kita langsung aja ke resepnya yuk..

Cinnamon Roll With no Knead Bread

(Roti gulung kayu manis)

Cinnamon Roll With no Knead Bread

Bahan : 

  • 120 ml susu 
  • 100 ml air 
  • 40 gr gula pasir halus (bisa diblender dulu) 
  • 4 gr garam halus 
  • 6 gr ragi instan 
  • 260 gr tepung terigu protein tinggi 
  • 40 gr tepung terigu protein sedang 
  • 30 gr mentega cair

Taburan/isian:

  • 50 gr bubuk kayumanis
  • 100 gr gula pasir/gula palem
  • 100 gr kismis

Olesan : 

  • 1 kuning telur + 1 sdm susu cair

Cara Membuat : 

  1. Tuang susu dan air dalam mangkok, kemudian masukkan gula dan garam. Aduk hingga gula larut. 
  2. Taburkan ragi instan pada mangkok tersebut dan diamkan 5 menit. Jika ragi sudah tercampur dengan air, aduk dengan sendok hingga larut. 
  3. Masukkan campuran terigu yang sudah diayak, lalu aduk menggunakan sendok kayu hingga membentuk adonan yang kenyal. 
  4. Masukkan mentega cair dan aduk hingga rata. Tekstur adonan akan basah dan lengket. 
  5. Tutup mangkok dengan plastik wrap atau bisa juga menggunakan serbet bersih. Fermentasikan selama 20 menit. 
  6. Setelah 20 menit, taburi tangan dengan tepung terigu dan kempiskan adonan. Balik adonan bagian bawah dan bentuk bulat. Fermentasikan lagi selama 20 menit. Ulangi proses fermentasi ini selama 3x. 
  7. Setelah 3x proses fermentasi, adonan bisa disimpan di kulkas selama 5-6 jam atau semalaman. Kalau mau langsung dibentuk dan dioven juga bisa ya.  
  8. Keluarkan adonan dari kulkas, kempiskan dan gilas hingga ketebalan kurleb 0.5cm (atau lebih tipis), usahan membentuk persegi panjang agar ketika digulung lebih rapi.
  9. Taburi bagian atas adonan dengan gula pasir, lalu kayumanis bubuk dan terakhir kismis.
  10. Gulung adonan dari sisi yang paling panjang.
  11. Potong adonan dengan ketebalan kurleb 3cm (lebih rapi jika memotong menggunakan benang). Tata di loyang yang sudah diolesi margarin (tipis saja), dan panggang kurleb 20 menit.
  12. Setelah dikeluarkan dari oven, panas-panas oles dengan butter/margarin. Siap disajikan.



Bagaimana bunda? mudah kan? Pasti dong...So selamat mencoba dan happy baking ya..^_^
Catatan:Dalam membuat roti, cake, atau apapun menggunakan tepung, coklat bubuk atau bahan kering lainnya (yang berbentuk bubuk), usahakan untuk mengayaknya sebelum dimasukkan adonan atau saat akan dimasukkkan ke adonan. Hal ini dilakukan untuk menghindari menggumpalnya tepung (dan bahan bubuk lainnya tadi) dalam adonan.
Ada pertanyaan? silahkan ajukan melalui pin 54C667DD / SMS: 081917433440

No comments:

Post a Comment

//--tambahan anti ctrl+p //--Eof