Sunday, May 24, 2015

Puding Coklat Pandan

Entah kenapa warna hijau selalu bikin adem (bagi saya lho..), termasuk juga warna makanan. Kalau lihat makanan yang warna hijau, saya selalu ngiler hehehe.. Tidak terkecuali yang satu ini. Di tambah judulnya puding dan dicampur coklat pula, alamak.. nggak nahan deh pokoknya. Walaupun daftar resep yang pingin dicoba sudah ngantri, tapi karena lihat gambar tampilannya di blognya mbak Endang (resep aslinya bisa dilihat di >>http://goo.gl/Wt0Sok), saya sudah nggak sabar buat eksekusi resep ini.

Pudingnya bener-bener mak nyuss (kalau istilahnya Pak Bondan mah), suami langsung ngabisin 3 potong setelah selesai dipotret (suka atau nafsu ya? hihihi..). Yang bikin puding ini super mak nyuss adalah perpaduan antara susu dan coklat bloknya. Saya sarankan menggunakan coklat blok yang berkualitas bagus supaya hasil pudingnya bener-bener nendang rasanya dan untuk yang rasa pandannya, gunakan perasan air daun pandan asli dengan memblendernya dengan daun suji (silahkan lihat diresep ya). Dan agar tekstur puding benar-benar halus, saring adonan puding yang telah matang terlebih dahulu, baru kemudian dituang ke cetakan.



Bentuk asli pudingnya sih nggak pake pola meliuk liuk ya hehehe..., tapi garis lurus. Maksud hati ingin meniru tapi ternyata layer pertama (yang pandan), terlalu lembek sehingga adonan puding coklatnya nyampur dan terciptalah pola meliuk-liuk :D. Tapi setelah diperhatikan, lumayan cantik juga jadinya. So jika bunda ingin membuat puding ini dengan pola garis lurus, pastikan layer pertama benar-benar sudah agak keras permukaannya (dengan bagian bawah masih lembek), baru adonan puding kedua dituangkan. Well memang perlu sedikit ketelitian ya tapi jangan sampai menyurutkan keinginan untuk mencobanya, dijamin deh suami dan para krucil nggak akan kecewa dengan rasanya. Untuk vla-nya, saya pakai vla instan saja karena waktu yang mepet, tapi jika bunda ingin menggunakan vla buatan sendiri juga monggo ya. Well, tertarik untuk mencoba? oke, berikut resepnya ya.

Bahan-bahan Puding Coklat Pandan:

Bahan puding hijau:


  • 1 bungkus agar-agar warna hijau atau bisa juga yang tanpa warna (saya pakai merk Swallow Globe)
  • 150 gram gula pasir
  • 1/8 sendok teh garam
  • 200 ml ekstrak pandan, dari 20 lembar daun pandan (saya campur dengan daun suji) dan 300 ml air
  • 700 ml susu cair putih kemasan kotak
  • 150 gram coklat blok putih
  • beberapa tetes pasta pandan (optional) 

Bahan puding coklat:


  • 1 bungkus agar-agar coklat (saya pakai merk Swallow Globe)
  • 100 gram gula pasir (susu coklat kemasan sudah terasa manis)
  • 1/8  sendok teh garam
  • 700 ml susu coklat kemasan kotak
  • 200 gram coklat blok (dark cooking chocolate) + 200 ml susu cair coklat (potong-potong coklat blok ukuran 3 x 3 cm agar mudah lumer kala dimasak)

Bahan saus vla (saya menggunakan vla instan):


  • 300 ml susu cair
  • 1 sendok makan tepung maizena, encerkan dengan 3 sendok makan susu cair
  • 50 gram gula pasir
  • 3 sendok makan rum/essence rum non alkohol (optional)


Cara membuat Puding Coklat Pandan:

Membuat ekstrak pandan

Siapkan daun pandan wangi (dan daun suji), cuci hingga bersih. Potong-potong daun dengan gunting sepanjang 2 cm. Masukkan ke dalam gelas blender, jejalkan. Tuangkan air dan proses hingga hancur. Saring pandan, sisihkan air hijaunya.

Membuat puding layer hijau


  1. Siapkan loyang, basahi permukaannya dengan air. Sisihkan.
  2. Siapkan mangkuk, masukkan 2 sendok makan gula pasir (ambil dari 150 gram gula pasir di resep), agar-agar warna hijau dan sekitar 100 ml susu cair (ambil dari 700 ml susu yang tertera di resep). Aduk rata, hingga agar-agar larut dan menjadi larutan yang smooth dan bebas gumpalan.
  3. Siapkan panci, masukkan esktrak pandan, sisa susu cair, garam, coklat blok dan sisa gula pasir. Tuangkan larutan agar-agar ke dalam panci dan aduk hingga rata. Masak larutan agar-agar dengan api sedang, sambil sesekali diaduk, hingga larutan mendidih. Matikan api. 
  4. Tuangkan larutan agar-agar ke dalam loyang yang telah dipersiapkan. Ukur tinggi adonan dengan mencelupkan sebatang lidi ke dalam adonan. Kemudian tandai sisa sisi loyang berdasarkan panjang lidi yang tercelup oleh adonan. Ini berfungsi agar ketika lapisan kedua dimasukkan anda tahu ketinggian adonan yang diperlukan, sehingga masing-masing layer puding memiliki tebal yang sama. 

Membuat puding layer coklat


  1. Lelehkan coklat blok dengan cara di tim, lalu tuangkan 200 ml susu cair, masak dengan api sedang sambil sesekali diaduk hingga coklat mencair dan tercampur rata dengan susu. 
  2. Angkat dan sisihkan. 
  3. Ketika lapisan puding hijau permukaannya sudah mulai tampak membentuk lapisan yang keras namun bagian bawahnya masih lembek, segera buat adonan puding coklatnya.
  4. Siapkan mangkuk, masukkan 2 sendok makan gula pasir (ambil dari 100 gram gula pasir di resep), garam, agar-agar coklat dan 100 ml susu coklat (ambil dari 700 ml susu coklat di resep). Aduk hingga rata, hingga agar-agar larut dan menjadi larutan yang smooth dan bebas gumpalan. 
  5. Siapkan panci, masukkan sisa susu cair coklat dan sisa gula pasir. Tuangkan larutan agar-agar ke dalam panci dan aduk hingga rata. Masak larutan agar-agar dengan api sedang, sambil sesekali diaduk, hingga larutan mendidih. Matikan api. 
  6. Tuangkan lelehan coklat blok, aduk rata.  
  7. Tuangkan secara hati-hati larutan puding coklat ke permukaan lapisan puding hijau. Diamkan puding hingga uap panasnya menghilang, kemudian masukkan loyang berisi puding ke dalam kulkas hingga benar-benar keras. 
  8. Jika telah mengeras, keluarkan puding dari dalam kulkas. Lepaskan sisi-sisi puding dengan menjalankan sebuah pisau tipis di bagian tepi puding. Kemudian balikkan puding ke wadah datar, ketuk-ketukkan hingga lepas dari loyangnya. Potong-potong puding sesuai selera.

Membuat vla


  1. Siapkan panci, masukkan semua bahan vla kecuali rum/rum essence (jika pakai). Aduk perlahan dengan api sedang hingga mendidih dan mengental. Angkat dari kompor, tuangkan rum/rum essence atau vanili (jika pakai). Aduk rata. 
  2. Jika adonan vla bergerindil, saring adonan atau proses sebentar di dalam blender hingga smooth. Biarkan vla hingga dingin sebelum diguyurkan ke permukaan puding.


Catatan:
Jika menggunakan vla instan, silahkan ikuti petunjuk penyajian pada kemasan
So Yummy deh pokoknya, selamat mencoba and happy cooking bunda ^_^!!!

No comments:

Post a Comment

//--tambahan anti ctrl+p //--Eof