Saturday, May 16, 2015

Oreo Goreng versi II

Jika bunda mencari resep oreo goreng di mbah Google, maka yang akan muncul adalah resep yang kurang lebih seperti yang akan saya share kali ini. Tapi resep yang seperti ini bagi saya sih versi II, karena waktu pertama saya mencoba oreo goreng, saya menggunakan adonan lain (adonan sus/choux pastry) sebagai adonan pembungkusnya dan saya menyebutnya versi I hehehe.. Kalau boleh dibandingkan, saya lebih suka yang versi I. Kelebihan versi pertama adalah lebih rapi dan nggak belepotan, nggak pake baking powder, nggak pake susu (jadi lebih irit), ketebalan bisa disesuaikan, mudah dibentuk dan nggak berminyak (tapi jika diinapkan, akan berminyak ya). Well tapi itu tergantung selera masing-masing sih.. ^_^.
Waktu pertama kali tahu resep oreo goreng ini, saya bisa membayangkan bagaimana proses dan hasilnya, itu sebabnya saya mengganti adonan kulitnya dengan adonan sus. Meskipun demikian, saya tetap penasaran juga untuk nyoba (maklum sudah bawaan hehe..). Dan saya hanya mencobanya sekali itu saja, karena saya lebih suka yang versi I. Jika bunda ingin melihat resep aslinya, bisa klik di >>https://goo.gl/iPR4LJ<< ya. Resep yang asli menggunakan ukuran cup ya, tapi diresep berikut ini takarannya sudah saya konversi, silahkan dicoba ^_^..

Bahan-bahan:


  • 170 gr tepung terigu
  • 1 sdm gula
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt baking powder
  • 250 ml susu uht
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 3 sdm margarine cair
  • 1 bungkus oreo/coklat bekukan dalam frezer minimal 3 jam
  • minyak untuk menggoreng
  • icing sugar/gula donat dan bubuk kayu manis untuk taburan (saya skip)

Cara membuat:


  1. Campur tepung, gula, garam, baking powder, susu dan telur. Aduk hingga rata. Saring jika perlu. Masukkan margarine cair, aduk.
  2. Rendam oreo/coklat dalam adonan tepung. Goreng dengan metode deep fried hingga golden brown.
  3. Taburi icing sugar dan kayu manis bubuk (jika pakai). Sajikan hangat. 

Mirip pembuatan pisang goreng ya, hanya bahannya sedikit lebih kompleks ya. Selamat mencoba n happy cooking bunda..^_^

No comments:

Post a Comment

//--tambahan anti ctrl+p //--Eof