Sunday, May 17, 2015

Onde Onde Tertawa

Saya suka banget dengan camilan yang satu ini, pertama kali nyoba pas kuliah di Malang. Satu mika kecil harganya cuma seribu doang jadi tiap hari deh belinya, plus warung yang jual juga sejalur dengan rute kos-kampus, jadi tambah sering deh hehehe... Dulu sih nggak kepikiran bikin-bikin kue, tapi dengan seiring waktu yang berjalan akhirnya pikiran jadi berubah :). Setelah balik ke kampung halaman jarang nemu lagi camilan ini, sampai suatu hari Mamak bawa pulang onde onde tertawa dari acara arisan dirumah budeku. Karena rasanya enak (meskipun agak beda dengan yang di Malang), saya langsung aja minta resep dan langsung nyoba. Tapi pemirsah (hehe..) ternyata onde-ondenya nggak bisa ngakak, walaupun kita udah belah manual, hadeh... apa salah dibahan ya? atau ada bahan yang kurang? tak taulah. Setelah itu jadi agak was was juga buat nyoba.

Setelah saya menikah dan mulai doyan masak dan baking-baking, akhirnya saya memberanikan diri untuk googling resep onde-onde tertawa. Ternyata resepnya bervariasi, dari bahan sampai tekniknya. Karena saya suka yang simple maka saya pilih aja yang paling gampang dan pilihan pun jatuh di resep onde-onde tertawa punyanya web Sajian Sedap. Dari resep asli tidak banyak yang saya rubah, hanya soda kue dan baking powder saya ganti dengan baking powder double acting. Penggunaan air gulanya saya sesuaikan dengan kekalisan adonan, jadi saya nggak ngukur berapa penggunaan air gulanya, tapi ukuran gula dan air (untuk membuat air gulanya) tetap sesuai resep.



Pertama kali nyoba rada deg-degan juga karena takut nggak berhasil. Tapi setelah digoreng alhamdulillah onde ondenya sukses tertawa bahkan ngakak. Mungkin karena saya pake baking powder double acting ya makanya jadi ngakak begitu, but overall cantik dan saya puas hehehe... Kebetulan besoknya pulkam, jadi langsung bawa deh buat oleh-oleh. Babe (maksudnya bapak, kami memang memanggilnya dengan panggilan betawi) suka banget dan beliau langsung request untuk jadiin sajian pas arisan dirumah minggu depan. Banyak juga teman bbm yang sudah request resepnya, so this is for u guys..

Bahan-bahan:


  • 100 ml air 
  • 175 gram gula pasir 
  • 1 butir telur 
  • 2 sendok makan minyak goreng 
  • 300 gram tepung terigu protein sedang 
  • 1/2 sendok teh baking powder (saya ganti dengan bk double acting) 
  • 1/4 sendok teh soda kue (saya skip)
  • 100 gram wijen untuk pelapis 
  • minyak untuk menggoreng 

Cara membuat:


  1. Didihkan air. Tambahkan gula pasir sampai larut. Ukur 200 ml (saya menyesuaikan dengan kebutuhan). Dinginkan.
  2. Kocok telur dan minyak goreng sampai rata. Masukkan sirup gula sedikit-sedikit sambil dikocok rata.
  3. Tambahkan tepung terigu, baking powder, dan soda kue sambil diayak dan diaduk rata.
  4. Timbang masing-masing 10 gram adonan (atau sesuaikan selera). Bentuk bulat. Celup ke air. Gulingkan di wijen.
  5. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang.
  6. Setelah dingin, tempatkan dalam wadah tertutup rapat.

Selamat mencoba ya bunda ^_^ !!!!!!

No comments:

Post a Comment

//--tambahan anti ctrl+p //--Eof