Monday, May 11, 2015

Scone Kismis and Chocochips

Mungkin sebagian sudah pernah dengar kue Scone ini, atau ada yang baru dengar? hehe.. jangan khawatir bunda, saya juga baru tau yang namanya Scone. Scone merupakan perpaduan antara biscuit dan roti (bread). Karena proses pembuatannya yang mudah dan cepat, Scone juga sering disebut quick bread. Scone khususnya populer di US, Inggris, Kanada, Australia, New Zealand dan Irlandia. Meskipun ada embel-embel kata breadnya, tapi Scone tidaklah menggunakan tepung protein tinggi dan ragi. Scone menggunakan baking powder sebagai bahan pengembangnya. Jadi jika bunda ingin mempraktekkan untuk membuat kue ini, pastikan baking powder yang bunda gunakan masih fresh (tanggal kadaluarsanya masih lama).
Scone Kismis and Chocochips

waktu saya membuat kue ini kemarin, kebetulan ada kismis dan chocochips, maka jadilah Scone kismis dan chocochips. Selain kismis dan chocochips, bunda bisa menggantinya dengan buah kering, sukade, kacang-kacangan atau potongan coklat blok (dcc). Kue ini bertekstur remah dan lembut. Untuk menghasilkan Scone dengan tekstur yang tepat maka kuncinya adalah diproses mencampur adonan. Beberapa point paling pentingnya antara lain :

  • Mentega/margarin harus dalam keadaan keras (simpan dulu dalam kulkas)
  • Mentega/margarin harus dicacah dalam bahan-bahan kering hingga berbentuk butiran-butiran seperti pasir dan terselimuti campuran bahan kering. Tekstur seperti inilah yang akan membuat Scone kita menjadi beremah
  • Jangan mengaduk adonan terlalu lama, aduk menggunakan jari-jari tangan seperlunya saja hingga adonan tercampur rata
Membuat adonan Scone mirip dengan membuat adona kulit pie, jadi sebenarnya lebih mudah menggunakan foodprocessor. Tapi jika bunda tidak memiliki foodprossecor, maka cara manual seperti yang saya lakukan juga oke ya. Jika mengikuti langkah-langkahnya dengan benar, InsyaAllah pasti sukses, don't worry ya bunda ^_^. Untuk resep aslinya bisa lihat di >>http://goo.gl/2pAoEF<< ya. Sekarang yuk kita mulai membuatnya..

Bahan-bahan:

  • 260 gram tepung terigu serba guna atau protein rendah (misal Segitiga Biru atau Kunci Biru)
  • 50 gram gula pasir
  • 1 1/2 sendok teh baking powder, pastikan fresh dan cek masa pakainya
  • 1/4 sendok teh garam
  • 113 gram mentega dingin dan keras, potong-potong menjadi kubus
  • 90 gram chocolate chips atau potongan coklat
  • 75 gram kismis (bisa menggunakan buah kering lainnya)
  • 1 sendok teh vanila ekstrak atau 1/4 sendok teh vanili bubuk (saya tidak pakai)
  • 160 - 180 ml krim kental/buttermilk. Atau penggantinya, campurkan susu cair dengan 1 sendok makan air jeruk lemon/jeruk nipis diamkan 10 menit hingga susu asam, cairan ini memiliki fungsi sama dengan buttermilk, membuat kue menjadi lembut. Bisa juga menggunakan susu bubuk (3 sendok makan susu bubuk+air+air jeruk nipis) aduk dan diamkan 10 menit.

Olesan:

  • susu cair atau 1 sendok makan susu bubuk + 2 sendok makan air, aduk rata.

Cara membuat:

  1. Siapkan oven, set disuhu 200'C (saya pakai otang alias oven tangkring hehehe..) letakkan rak kawat di tengah oven. Siapkan loyang datar untuk memanggang kue kering, alasi permukaan loyang dengan kertas baking/kertas minyak, sisihkan. 
  2. Siapkan mangkuk besar, masukkan bahan kering (terigu, gula pasir, garam dan baking powder) aduk rata dengan spatula. Masukkan potongan mentega dingin ke atas tepung, dengan menggunakan pisau pastry atau garpu aduk/cacah adonan hingga mentega menjadi seukuran jagung dan terselimuti tepung. Aduk adonan dengan spatula hingga mentega tersebar dengan baik.
  3. Masukkan chocolate chunks/chips, kismis dan kacang-kacangan (jika anda akan menggunakannya), aduk rata.
  4. Tambahkan krim kental (jangan semuanya, sisakan sebagian) ke atas permukaan tepung, biarkan krim terserap sebentar kemudian aduk adonan menggunakan jemari tangan, hingga terbentuk adonan yang kasar dan menyatu. Tambahkan krim kembali jika adonan masih kering dan terpisah. Aduk dengan gerakan ringan dan jangan menekannya berlebihan.
  5. Jika telah terbentuk satu adonan kasar yang lembab dan menyatu, letakkan adonan di meja bertabur tepung dan uleni adonan beberapa kali agar adonan menjadi kompak dan benar-benar menyatu. Bulatkan adonan kemudian tipiskan menggunakan kayu penggilas atau tekan-tekan dengan telapak tangan hingga menjadi satu piringan bulat dengan diameter 18 cm dan tebal 2,5 cm. 
  6. Bagi adonan menjadi dua bagian, kemudian masing-masing bagian belah lagi menjadi 4 (empat). Kita akan mendapatkan 8 segitiga adonan yang sama besarnya. 
  7. Tata masing-masing bagian di atas loyang beralas kertas minyak, beri jarak antar bagian agar tidak berdempetan. Sapukan susu cair di permukaan scone dengan menggunakan kuas. Panggang scone selama 15 hingga 20 menit. Hingga permukaannya kuning coklat keemasan namun bagian sisi-sisinya masih kekuningan. Tusukkan lidi di tengah scone untuk mengetes kematangan. 
  8. Keluarkan dari oven, dinginkan di rak kawat dan sajikan hangat. 

Cara membuatnya memang agak panjang kelihatannya karena memang perlu detail, tapi sebenarnya prosesnya sederhana kok. Ini termasuk kategori super duper mudah pake banget :D. Jika bunda tidak memiliki kertas baking, olesi saja loyang dengan margarin tipis-tipis. Selamat mencoba bunda n happy baking ^_^.

No comments:

Post a Comment

//--tambahan anti ctrl+p //--Eof