Friday, May 8, 2015

Sup Suka Suka

Sup yang akan saya share resepnya kali ini sebenarnya mau dinamain sup isi kulkas hehehe...(serius lho :D), tapi setelah dipikir-pikir kok kayaknya terlalu lebay ya hihihi.. Akhirnya saya ganti aja jadi sup suka-suka, lumayanlah jadi terdengar lebih ceria. Saya namakan sup suka-suka karena memang bahannya saya ganti sesuai dengan apa yang saya suka, bunda juga boleh menggunakan bahan-bahan lain yang sesuai selera masing-masing. Well saya membuat sup ini waktu itu karena tiga alasan, yang pertama adalah karena saya lagi malas banget makan nasi plus lagi malas juga masak yang ribet, kedua saya ingin membersihkan kulkas jadi bahan-bahan yang saya gunakan adalah apa yang ada dalam kulkas saya, dan yang ketiga adalah waktu itu hujan dan cuaca dingin jadi kalau bikin yang hangat kayaknya pas banget (mumpung suami lagi dirumah juga).  So pilihan saya jatuh pada resep supnya mbak Endang (resep asli silahkan lihat di >>http://goo.gl/BVdylS<< ini karena memenuhi 3 alasan saya tadi. Bagian paling lama dari membuat sup ini hanyalah ketika memotong-motong bahannya yang saya kerjakan sambil nonton film di laptop hehehe...

Bahan-bahan yang saya tuliskan disini tidaklah baku ya, baik jenis maupun jumlahnya. Untuk proteinnya saya menggunakan udang dan bakso sapi (yang rencananya mau saya buat bakso bakar Malang), bunda bisa menggantinya dengan ayam, daging sapi, cumi, ikan, sosis dan lain-lain. Sayurannya juga bisa diganti dengan kol, jagung manis, kacang polong, buncis, kacang panjang, berbagai jenis jamur, makaroni atau yang lain yang bunda suka. Untuk bumbunya sangat mudah, bunda bisa dapatkan cukup di pasar traditional. Bumbu perlu ditumis dulu sebentar hingga mengeluarkan aroma, selanjutnya tinggal cemplang-cemplung deh. Sudah tidak sabar mengintip resepnya kan??? Yuk intip sama-sama :D

Sup Suka-suka


Bahan :

  • 250 gr udang, kupas dan sisakan ekornya
  • 1 buah wortel, potong sesuai selera
  • 2 buah jagung manis, sisir
  • 125 gr jamur es
  • 10 buah bakso sapi
  • 125 gr kentang, potong kotak-kotak
  • 2 batang daun bawang
  • 2 sdm minyak goreng
  • Air kaldu secukupnya

Bumbu:

  • 1 1/2 sendok teh merica butiran, haluskan
  • 1 bonggol bawang putih, cincang halus
  • 2 butir bawang bombay, cincang kasar
  • 2 buah kaldu blok rasa ayam atau 2 sendok teh kaldu bubuk
  • 1 batang kayu manis
  • 5 butir cengkeh
  • 1 buah pala, pipihkan
  • 1/2 sendok makan garam

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak minyak goreng, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan berwana kecoklatan. Masukkan udang dan bakso, tumis hingga udah berubah warna. Masukkan pala, cengkeh dan kayu manis, aduk sebentar lalu angkat.
  2. Tuangkankan tumisan bumbu kedalam air kaldu, tambahkan merica, kaldu blok dan garam. Masak hingga mendidih.
  3. Tambahkan wortel, kentang, jagung manis, dan jamur. Masak hingga wortel empuk, lalu tambahkan daun bawang. Aduk sebentar, cicipi rasanya (tambahkan bumbu dirasa kurang). Angkat.
  4. Sajikan selagi hangat.

Untuk menikmati sup ini, tidak perlu lagi ditambahkan nasi karena karbohidrat sudah ada dalam kentang dan jagungnya. Well jika bunda ingin menikmatinya dengan seiris ketupat, it's ok. Sup ini recomended banget buat yang lagi dalam masa penyembuhan ya. So tunggu apalagi bunda, yuk dicoba dan happy cooking ya..^_^
Catatan:Jika menggunakan ayam, rebus ayam hingga empuk, tiriskan. Jika sudah dingin suwir-suwir dan masukkan kembali ke dalam kaldu. Lanjutkan proses sesuai resep.

No comments:

Post a Comment

//--tambahan anti ctrl+p //--Eof